Sabtu, 24 Maret 2012

Manfaat Asam Nitrat

Asam Nitrat atau nitric acid atau aqua fortis, dengan rumus kimia HNO3 adalah asam kuat yang sangat korosif. Berdasarkan sifatnya, asam nitrat dikelompokkan sebagai salah satu bahan kimia berbahaya atau B3.

Asam nitrat memiliki banyak kegunaan di bidang industri. Berdasarkan pengalaman saya selama hampir 10 tahun bekerja di pabrik kimia, salah satu kegunaan utama HNO3 adalah untuk passivation baja atau stainless steel setelah proses fabrikasi selesai, sebelum digunakan untuk menyimpan bahan kimia tertentu.

Dengan proses passivation ini oksida logam yang terbentuk selama pengelasan (welding), kontaminan dan partikel logam lain dibersihkan dari permukaan baja. Nantinya akan terbentuk pula lapisan tipis (film) oksida logam yang akan melindungi baja dari proses oksidasi lanjutan.

Nah, berikut ini adalah kegunaan lain dari asam nitrat di bidang industri.


  1. Asam nitrat digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai bahan peledak, diantaranya trinitrotoluena atau TNT.

  2. Digunakan pula dalam proses pemurnian logam. Sebagai contoh platina, emas dan perak.

  3. HNO3 digunakan dalam proses desain barang-barang berbahan tembaga, perunggu dan kuningan.

  4. Campuran antara asam klorida pekat dan asam nitrat pekat, dengan perbandingan 3:1, biasa digunakan sebagai pelarut logam mulia, yaitu emas dan platina. Campuran tersebut biasa disebut dengan Aqua Regia atau air raja.

  5. HNO3 digunakan pula untuk menghilangkan atau membersihkan peralatan proses dari kerak kalsium dan magnesium yang menempel di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar